Memotret Konflik Tambang Emas Tumpang Pitu dengan Timeline JS

Penulis: Ishomuddin

Jurnalisme Data---Proyek penambangan Tujuh Bukit di hutan lindung Tumpang Pitu, Banyuwangi, Jawa Timur, menyisakan masalah hukum, lingkungan, dan sosial. Kepentingan industri dan investasi telah mengalahkan kepentingan kelestarian ekosistem atau alam.

Tentang Tumpang Pitu

Bentang alam berupa gugusan bukit-bukit besar di hutan lindung Tumpang Pitu telah dikeruk untuk penambangan mineral yang mengandung emas, perak, dan tembaga. 

Selain siasat hukum dengan menurunkan status hutan lindung jadi hutan produksi tetap, masalah hukum juga menimpa warga penolak tambang. Beberapa dari mereka diduga dikriminalisasi dengan tuduhan melakukan perusakan, pencemaran nama baik, hingga tuduhan menyebarkan komunisme. 

Sejak tahun 1995, investor pertambangan luar negeri memang mengincar kekayaan mineral di kawasan taman nasional, hutan lindung, dan cagar alam yang ada di Jember dan Banyuwangi. 

Dimulai oleh Hakman Group melalui PT Hakman Metalindo dan dua perusahaan bentukan Hakman lainnya, PT Jember Metal dan PT Banyuwangi Mineral. Namun upaya Hakman selama 2000-2006  tersebut gagal dan hanya sampai izin eksplorasi atau penyelidikan kandungan mineral. Pemkab Jember menolak rencana penambangan dan Pemkab Banyuwangi tidak memperpanjang izin eksplorasi.

Lalu masih tahun 2006, PT Indo Multi Niaga (IMN) mendapat izin eksplorasi. Namun sebelum sampai memproduksi emas, PT Merdeka Copper Gold (Tbk) datang dan mengambil alih Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang sempat dikantongi IMN. IMN sepakat dan mendapat kompensasi dari PT Merdeka Copper Gold (Tbk). 

PT Merdeka Copper Gold (Tbk) membentuk PT Bumi Suksesindo (BSI) dan PT Damai Suksesindo (DSI) sebagai operator Proyek Tujuh Bukit di Tumpang Pitu, Banyuwangi. Hingga 2021, penambangan masih berlangsung dan sejak 2016 ditetapkan sebagai Obyek Vital Nasional. 

Kontroversi dan konflik penambangan di Tumpang Pitu antara perusahaan, warga, dan aparat penegak hukum menarik untuk disusun dalam linimasa (timeline) atau urutan kejadian penting. Dari linimasa ini diharapkan bisa menjadi referensi masyarakat dalam memahami penyebab dan dampak dari konflik yang terjadi.

Tentang Timeline JS

Kali ini saya menggunakan Timeline JS (http://timeline.knightlab.com/). Timeline JS merupakan program pembuatan timeline berbasis web yang diciptakan Northwestern University Knight Lab bermarkas di Chicago dan San Francisco, Amerika Serikat. 

Northwestern University Knight Lab adalah sebuah komunitas desainer, pengembang program, mahasiswa, dan pendidik yang bekerja dalam eksperimen untuk mendorong jurnalisme dalam ruang baru. Penjelasan tentang Northwestern University Knight Lab bisa dibaca dalam https://knightlab.northwestern.edu/about/

Langkah sebelum membuat Timeline JS

Pertama yang perlu dilakukan adalah riset data tentang masalah atau obyek yang akan kita buat linimasanya. 

Kita perlu mencari data terbuka berupa foto, ilustrasi, berita, artikel, jurnal, dan hasil penelitian tentang Tumpang Pitu. 

Caranya, cari melalui mesin pencari di internet (browser). Saya menggunakan browser Google dengan menuliskan beberapa kata kunci yang terkait dengan subyek atau obyek data yang kita cari sumbernya, misalnya: Tumpang Pitu, tambang emas, Banyuwangi, Budi Pego, Bupati Banyuwangi, Ratna Ani Lestari, Abdullah Azwar Anas, Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, PT Bumi Suksesindo, PT Merdeka Copper Gold, PT Indo Multi Niaga, dan sebagainya. 

 

Dalam pencarian di Google juga bisa disertakan kata kunci nama media yang kompeten dengan data yang dicari, misalnya: tempo.co, mongabay.co.id, tirto.id, jatimnet.com, detik.com, dan sebagainya.

Kali ini saya mencari sumber data terbuka dari beberapa media online dan website perusahaan yang terkait dengan tambang emas di Tumpang Pitu, Banyuwangi. 

 

Setelah link dari pemberitaan ditemukan, maka kita tinggal membukanya dan meneliti isi berita yang ada, baik berupa teks, foto, maupun ilustrasi yang disajikan. Caranya, klik kanan pada link yang akan dibuka, lalu klik Buka link di tab baru (Open new tab).

 

 

 

Beberapa link berita media online berisi teks dan foto serta website perusahaan terkait tambang Tumpang Pitu yang saya temukan di antaranya:

https://jatimnet.com/warga-banyuwangi-penolak-tambang-emas-lindungi-bukit-salakan-tempat-evakuasi-tsunami

https://jatimnet.com/temui-warga-komnas-ham-mulai-investigasi-konflik-tambang-emas-tumpang-pitu-banyuwangi

https://jatimnet.com/bagian-1-tambang-emas-tumpang-pitu-investasi-dan-potensi-bencana

https://jatimnet.com/bagian-2-tambang-emas-tumpang-pitu-antara-bisnis-dan-hukum

https://jatimnet.com/bagian-3-tambang-emas-tumpang-pitu-siasat-penurunan-status-hutan

https://jatimnet.com/bagian-4-tambang-emas-tumpang-pitu-bagian-dari-deforestasi-hutan-jawa

https://www.merdekacoppergold.com/

https://bumisuksesindo.com/sekilas-perusahaan

https://bumisuksesindo.com/album/mining-activities

https://www.mongabay.co.id/2016/09/17/fokus-liputan-perusahaan-datang-warga-pun-ikutan-nambang-emas-di-tumpang-pitu-bagian-2/

https://www.mongabay.co.id/2016/11/11/tambang-emas-tumpang-pitu-dari-masa-ke-masa-bagian-3/

https://www.mongabay.co.id/2018/01/26/budi-pego-aktivis-penolak-tambang-tumpang-pitu-itu-kena-10-bulan-penjara/

https://www.mongabay.co.id/2018/11/26/hukuman-jadi-4-tahun-budi-pego-bakal-ajukan-peninjauan-kembali/

https://www.mongabay.co.id/2018/11/22/cerita-budi-pego-soal-spanduk-komunis-siluman-di-aksi-tolak-tambang-tumpang-pitu/ 

https://kbr.id/nusantara/04-2018/banding_kasus_palu_arit_ditolak__budi_pego_ajukan_kasasi/95865.html

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/375540/pt-bsi-serahkan-lahan-kompensasi-di-bondowoso-kepada-klhk-ri

https://id.wikipedia.org/wiki/Gempa_bumi_dan_tsunami_Jawa_Timur_1994#/media/Berkas:Tsunamibwi1994.jpg

Data berupa teks, foto, ilustrasi, dan grafis dalam berita bisa disimpan dan jadi bahan dalam pembuatan timeline. 

Misalnya foto, kita tinggal menyimpannya dalam folder penyimpanan di komputer. Namun dalam penayangan foto di timeline sebaiknya disertakan nama fotografer atau pengambil foto dan nama media tempat asal foto tersebut dipublikasikan. 

Caranya, klik kanan pada bagian foto dalam web berita online, lalu pilih Simpan gambar sebagai. Lalu simpan foto tersebut dalam folder penyimpanan komputer.

Dari website perusahaan juga bisa ditemukan sejumlah informasi penting terutama profil perusahaan, rekam jejak perizinan dan operasional perusahaan, kepemilikan saham, hingga foto-foto aktivitas penambangan di Tumpang Pitu. Saya menemukan informasi atau data tersebut di website https://bumisuksesindo.com/

PT Merdeka Copper Gold (Tbk) adalah induk dari PT Bumi Suksesinso (BSI) dan PT Damai Suksesindo (DSI) yang merupakan dua perusahaan operator proyek Tujuh Bukti di Tumpang Pitu, Banyuwangi. PT Merdeka Copper Gold dan PT Bumi Suksesindo (BSI) cukup transparan dan lengkap mempublikasikan rekam jejak operasional mereka di Tumpang Pitu termasuk foto aktivitas penambangan dan perkembangan serta pembagian kepemilikan saham di website perusahaan. 

Sehingga data berupa teks dan foto dalam website perusahaan bisa kita simpan dan jadi bahan dalam timeline yang saya susun. Berikut tampilan website  https://bumisuksesindo.com/ dan contoh foto yang saya simpan dari website perusahaan:

 

Cara Membuat Timeline JS

Setelah semua data berbentuk teks dan foto dirasa cukup, lalu kita mulai membuat linimasa kejadian-kejadian penting menggunakan Timeline JS. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik http://timeline.knightlab.com/ 

Lalu pilih Make a timeline (http://timeline.knightlab.com/#make). Maka akan muncul tampilan seperti ini:

2.Ikuti langkah-langkah atau panduan yang ada dalam website tersebut. Langkah selanjutnya ada menyiapkan lembar kerja Google Sheet (Spreadsheet) sebagai basis data yang akan ditampilkan secara otomatis dalam bentuk linimasa (timeline). Caranya klik kolom berwarna biru bertuliskan Get the Spreadsheet Template.

3.Setelah itu anda diarahkan ke tab baru berisi opsi membuat salinan spreadsheet Official TimelineJS3 Template berisi kolom-kolom dan baris yang sudah tertata. Setelah itu klik Buat Salinan. Tampilannya seperti ini:

4.Setelah klik Buat Salinan, maka anda diarahkan ke lembar spreadsheet baru bernama Salinan dari Official TimelineJS3 Template, seperti terlihat di bawah ini:

Nama file lembar spreadsheet Salinan dari Official TimelineJS3 Template bisa anda ubah sesuai keinginan atau sesuai tema timeline yang disusun. Untuk nama file spreadsheet isu tambang emas Tumpang Pitu ini saya namakan Spreadsheet Timeline Tumpang Pitu.

Pada template spreadsheet tersebut sudah terdapat kepala (header) tabel antara lain:

  • Kolom pertama memuat urutan waktu awal kejadian berisi tahun (year), bulan (month), hari (day), dan waktu (time).

  • Kolom kedua memuat urutan waktu akhir (end) kejadian berisi tahun (end year), bulan (end month), hari (end day), dan waktu (end time).

  • Kolom ketiga memuat Display Date

  • Kolom keempat memuat Headline dan Text. Headline bisa diisi dengan judul sebuah kejadian (moment/case) dan Text diisi dengan deskripsi atau penjelasan dari kejadian.

  • Kolom kelima memuat Media, Media Credit, Media Caption, dan Media Thumbnail. 

  • Media diisi dengan foto, gambar, ilustrasi, atau video. 
  • Media Credit diisi dengan nama pencipta foto, gambar, ilustrasi, video, atau nama media yang mempublikasikan foto, gambar, ilustrasi, dan video. 
  • Media Caption diisi dengan deskripsi atau penjelasan dari foto, gambar, ilustrasi, dan video.
  • Media Thumbnail diisi dengan link atau alamat website atau blog yang terkait dengan foto, gambar, ilustrasi, atau video yang ditampilkan.
  • Kolom keenam berisi Type, Group, dan Background

5. Setelah mengetahui data apa saja yang harus atau perlu dimasukkan dalam kolom template berbentuk spreadsheet timeline tersebut, maka kita perlu menyiapkan materinya. 

Karena saya akan membuat timeline terkait investasi dan konflik tambang emas Tumpang Pitu, maka saya mencari referensi kejadian-kejadian penting yang terkait dengan masalah tersebut. Saya mencari data terbuka berupa berita online, situs perusahaan, blog pribadi, foto, dan ilustrasi terkait isu tersebut. 

Sebagai arsip dan bukti, sebaiknya kita menyimpan alamat website atau link dari sumber data terbuka yang anda ambil.

6. Setelah data rangkaian kejadian terkumpul dari referensi berita online maupun situs perusahaan, anda harus mencatat urutan waktunya untuk dimasukkan dalam kolom pertama template timeline berbentuk spreadsheet tadi. 

Urutan waktunya bisa hanya berupa tahun atau sampai pada bulan, tanggal, hari, dan bahkan waktu atau hitungan jam, menit, dan detik dari sebuah kejadian. Urutan waktu itu bisa disebutkan waktu kejadian awal hingga akhir kejadian.

Untuk mengisi kolom waktu kejadian itu, kita tinggal memasukkan kode angka dari tahun, bulan, tanggal, dan jam/menit/detik.

7. Pastikan semua kolom Headline sudah diberi kode angka pada kolom Year, Month, Day, atau Time, kecuali pada Headline yang merupakan judul atau Title tidak memerlukan kode angka yang mengindikasikan waktu. Tipe Headline sebagai judul (title) bisa dilihat di kolom Type dengan pilihan Title atau era. 

Untuk Headline selain judul atau title yang tidak memerlukan angka tahun, bulan, atau tanggal, tetap harus diberi kode angka terutama pada kolom Year (tahun). Kode angka yang dimasukkan tidak harus mengindikasikan angka tahun, bisa saja hanya diberi kode angka satu atau dua digit sebagai nomor slide yang akan tampil dalam timeline. Sebab, jika tidak diberi kode angka, maka Headline tidak akan tampil dalam slide timeline.   

8. Setelah kolom waktu kejadian terisi, anda bisa mengisi kolom kedua, ketiga, dan seterusnya yang berisi Headline atau judul kejadian dan Text atau penjelasan dari kejadian. 

9. Agar tampilan timeline menarik, sebaiknya kita juga mengisi kolom untuk foto atau video dari kejadian tersebut dengan mengisi kolom Media, Media Credit, Media Caption, dan Media Thumbnail.

10. Untuk mengisi kolom Media, kita bisa memanfaatkan fasilitas pengunduhan, penyimpanan, dan publikasi foto atau video melalui www.flickr.com sebagaimana dicontohkan dalam template spreadsheet tersebut.

Cara Mengunggah (Upload), Menyimpan, dan Mempublikasikan Foto atau Video di www.flickr.com:

  • Pertama anda membuat akun di www.flickr.com agar bisa log in dan mengunggah, menyimpan, dan mempublikasikan foto.

  • Setelah log in, anda tinggal pencet tanda upload bergambar panah berawan di kanan atas:

  • Setelah pencet tanda upload, kita tinggal menyalin atau menggeret (drag) file foto atau video dari penyimpanan komputer ke pengunggahan akun www.flickr.com. Setelah itu tekan upload di kanan atas dan tengah. 


 

  • Setelah foto atau video terunggah, maka akan tersimpan di Kumpulan Foto. kita juga bisa membuat Album dari kumpulan foto atau video di akun www.flickr.com.

  • Setelah itu, kita tinggal memilih salah satu foto atau video yang akan dipublikasikan ke timeline dengan cara menyalin (copy) alamat URL dari foto yang sudah tersimpan di akun www.flickr.com dan tempel (paste) ke sel urutan Media pada template spreadsheet, misalnya:

Alamat URL foto disalin (copy):

Alamat URL foto ditempel (paste) di template spreadsheet:

Setelah menyalin alamat URL foto atau video pada template spreadsheet, kita bisa menambahkan Media Credit dan Media Caption-nya.

Untuk melengkapi data timeline di template spreadsheet, kita juga harus mengisi kolom Headline berupa judul kejadian atau peristiwa dan Text berisi penjelasan dari kejadian atau peristiwa. 

11. Setelah kolom-kolom pada template spreadsheet yang diperlukan terisi, maka langkah selanjutnya kembali melihat panduan di pembuatan Timeline JS http://timeline.knightlab.com/#make. Setelah template spreadsheet siap, pilih menu bar File ---> Publikasikan di web. 

12. Setelah itu tampil opsi Publikasikan di web. Pada bagian Tautan (Link), ganti Seluruh Dokumen (Entire Document) dengan od1. Setelah itu tekan Publikasikan (Publish) warna biru dan tutup kotak opsi Publikasikan di web atau klik tanda silang di kiri atas pada kotak Publikasikan di web.  


13. Setelah itu, salin (copy) alamat URL dari template spreadsheet dan salin (paste) ke kolom untuk generate timeline di langkah nomor 3 (Generate your timeline) pada panduan di ini (http://timeline.knightlab.com/#make)

 14. Setelah di-generate, kita akan mendapatkan link berbagi (share link) berupa link hasil timeline JS maupun kode HTML yang bisa ditempelkan ke website atau blog pribadi kita. kita tinggal menyalin dan menempel link dan kode HTML tersebut.

Kita juga bisa melihat tampilan (preview) hasil timeline JS maupun membukanya di tab baru (Open preview in a new window):

Hasil Timeline JS tentang tambang emas Tumpang Pitu yang saya susun bisa dibuka di link ini:

https://cdn.knightlab.com/libs/timeline3/latest/embed/index.html?source=1gZ1X829uDm2ZqjvaSOVlnR4CThUpxPjIThxKLeYHtp0&font=Default&lang=en&initial_zoom=2&height=650 

Kita juga menempelkannya ke website dengan menyalin kode HTML-nya. Caranya salin (copy) kode HTML hasil generate timeline pada langkah nomor 4 (Share Link):

Lalu tempel (paste) ke dalam tampilan text saat kita membuat postingan dalam website.

Kali ini saya menambahkan kode HTML tersebut ke dalam postingan website idealoka.com dengan template wordpress. Kita tinggal menempelkan kodenya ke dalam bagian Text, contohnya seperti ini:

Setelah kode HTML disalin ke dalam website, maka hasil link postingan tadi sudah tercipta dan bisa diakses publik. 

Link dan tampilan di website seperti ini: 

https://idealoka.com/2021/10/28/proyek-tumpang-pitu-mendulang-emas-di-tanah-bencana/

Manfaat Membuat Timeline

Timeline (linimasa) atau urutan waktu kejadian bermanfaat dalam meringkas sebuah peristiwa. Kita biasanya membaca peristiwa tertentu dalam berita berupa teks panjang dan bisa melelahkan atau membosankan. 

Namun jika dikemas dalam sebuah tampilan slide foto atau video timeline yang disertai deskripsi dari kejadiannya, maka akan lebih menarik dan ringkas dalam mengetahui dan memahami rangkaian kejadian dalam sebuah masalah atau fenomena tertentu. 

Adapun contoh hasil template spreadsheet dalam membuat timeline Tumpang Pitu ini bisa dilihat pada Template Tumpang Pitu

Cukup mudah bukan pembuatannya dan patut Anda coba. Selamat berkarya.