Skip to main content
25July
09:00-16:00 WIB  -  Collabo Hub, P.K. OJONG & JACOB OETAMA TOWER, Universitas Multimedia Nusantara, Jl. Boulevard, Gading Serpong, Kel. Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang, Prop. Banten, Indonesia/ Zoom UMN
Jurnalisme Data telah menjadi tren baru dalam industri media seiring dengan f
Menggunakan Google Spreadsheet untuk Membandingkan Capaian Rata-rata Lama Sekolah Kabupaten/Kota di Kepulauan Riau

Penulis: Hening Sekar Utami

Jurnalisme Data---Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menjadi indikator untuk mengukur capaian pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengungkapkan bahwa Rata-rata Lama Sekolah merupakan salah satu indikator dalam menentukan capaian IPM di suatu wilayah provinsi atau pun kabupaten/kota.

Melihat Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pariwisata di Provinsi Bengkulu

Penulis: Betty Herlina

Jurnalisme Data---Pandemi Covid-19 mengakibatkan pemerintah membatasi perjalanan. Termasuk salah satunya di Provinsi Bengkulu saat yang resep data ini dipublikasi mencatatkan angka kematian akibat Covid-19 mencapai 404 jiwa.  

Penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini menyebabkan sejumlah hotel dan aktivitas penerbangan tutup. Akibatnya, sektor pariwisata di Bengkulu menjadi lesu. 

Menelisik Tren Indeks Pembangunan Manusia di Kepri Satu Dekade Terakhir

Penulis: Margaretha Nainggolan

Jurnalisme Data---Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia, baik masyarakat atau penduduk. Bahkan IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah atau negara. 

Bagi Indonesia, IPM merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja Pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).

Mencari Cerita Partisipasi Transgender dalam Program Kartu Prakerja dari Data Sederhana

Penulis : Mawa Kresna

Program kartu prakerja yang dicanangkan Presiden Jokowi sebagai salah satu jaring pengaman sosial di masa pandemi ternyata tidak menyentuh kelompok marginal seperti trangender. Hal tersebut dibuktikan oleh jurnalis Konde.co dengan membuat survei sederhana tentang partisipasi transgender dalam program kartu prakerja.

Survei ini dilakukan lantaran memang belum ada yang menggambarkan partisipasi transgender dalam program tersebut. Survei sederhana ini dimulai dengan membuat daftar pertanyaan untuk responden.

Google Earth untuk Membuat Pemetaan Potensi Energi Baru Terbarukan*

Penulis: Eva Danayanti

Visualisasi Jumlah Ponpes, Ustaz, dan Santri di Jombang dengan Flourish

Penulis: Rizqi Mutqiyyah

Jurnalisme Data---Kabupaten Jombang, Jawa Timur, adalah salah satu daerah di Indonesia yang dijuluki sebagai Kota Santri. Pasalnya, terdapat beraneka representasi simbol Islam di kabupaten yang terkenal dengan makam Gus Durnya itu. Salah satunya adalah pondok pesantren yang mendominasi kabupaten dengan kearifan lokal Durian Wonosalamnya itu. 

Memotret Konflik Tambang Emas Tumpang Pitu dengan Timeline JS

Penulis: Ishomuddin

Jurnalisme Data---Proyek penambangan Tujuh Bukit di hutan lindung Tumpang Pitu, Banyuwangi, Jawa Timur, menyisakan masalah hukum, lingkungan, dan sosial. Kepentingan industri dan investasi telah mengalahkan kepentingan kelestarian ekosistem atau alam.

Tentang Tumpang Pitu

Bentang alam berupa gugusan bukit-bukit besar di hutan lindung Tumpang Pitu telah dikeruk untuk penambangan mineral yang mengandung emas, perak, dan tembaga. 

Subscribe to